Ciri-ciri Kedatangan Imam Mahdi di Akhir Zaman

tentang kemunculan imam Al mahdi di akhir era ini benar banyak disebutkan didalam bermacam hadits nabi saw terlebih lagi sampai menggapai tingkatan mutawatir secara maknawi, sebagaimana dikatakan oleh imam syaukani,

”hadits – hadits nabi saw tentang imam mahdi yang mampu diperuntukan bagaikan pegangan antara lain merupakan 50 hadits yang terdiri dari hadits – hadits shahih, hasan, dhaif dan juga munjabir. sebagian besar dari hadits tersebut tidak diragukan lagi merupakan hadits – hadits mutawatir, yang tidak terdapat keraguan didalamnya. ”

diantara hadits – hadits itu merupakan:
1. sabda rasulullah saw, ”al mahdi berasal dari umatku, yang hendak diishlah oleh allah dalam satu malam. ” (hr. ahmad dan juga ibnu majah dan juga telah dishahihkan oleh Al banni didalam kitab “ash shahihah”)

2. sabda rasulullah saw, ”pada akhir era hendak timbul seseorang khalifah yang berasal dari umatku, yang hendak melimpahkan harta kekayaan selimpah – limpahnya. dan juga dia sama sekali tidak hendak menghitung – hitungnya. ” (hr. muslim, ahmad)

lajnah angkatan darat (AD) daimah li Al buhuts Al ilmiyah wa Al ifta’ didalam fatwanya nomor 2844 mengatakan :

“hadits – hadits yang mengatakan tentang kemunculan Al mahdi amatlah banyak yang berasal dari bermacam jalur dan juga telah diriwayatkan oleh para imam hadits. kelompk pakar ilmu telah mengatakan kalau hadits – hadits itu mutawatir secara maknawi, diantara mereka merupakan abul hasan Al aajiri, Al alamah as safarini didalam bukunya “lawami’ Al anwar Al bahiyah” dan juga Al ‘alamah asy syaukani didalam risalahnya yang dinamakan “at taudhih fii tawaatur ahadits Al mahdiy wa angkatan darat (AD) dajal wa Al masih” dan bermacam identitas yang telah masyhur disebutkan diberbagai hadits antara lain, ”bahwa (ia) hendak penuhi bumi dengan keadilan dan juga kemakmuran sehabis (bumi) dipadati oleh kezaliman dan juga kesemena – menaan. ”.

tidak diperbolehkan untuk seseorang juga yang meyakini kalau fulan bin fulan merupakan Al mahdi sampai telah terkumpulnya bermacam ciri – cirinya serupa yang telah dipaparkan oleh nabi saw didalam bermacam hadits shahih dan juga yang amat berarti merupakan, ” (ia) hendak penuhi bumi dengan keadilan dan juga kemakmuran…” (Al hadits) ”— (lajnah angkatan darat (AD) daimah juz iv perihal 355)

berikut sebagian perihal yang tekait dengan kemunculan Al mahdi sebagaimana dipaparkan oleh sebagian riwayat hadits rasulullah saw :

identitas raga al – mahdi
didalam suatu hadits yang diriwayatkan dari abu said Al khudriy berkata, ”aku mendengar rasulullah saw bersabda, ’al mahdi berasal dari umatku, berkening lebar dan juga berhidung mancung…” (hr. ahmad, abu daud dan juga hakim. hadits ini telah dihasankan oleh Al banni didalam kitab “takhrijul misykat”)

isyarat hendak timbulnya al – mahdi
1. keringnya sungai eufrat
didalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh muslim kalau gunung emas hendak timbul dari kekeringan (terbukanya) sungai eufrat hingga manusia hendak silih berbunuh – bunuhan di atasnya, dan juga hendak terbunuhlah pada masing – masing seratus sebanyak 9 puluh 9. ”

hingga kejadian ini terjalin pada dikala kemunculan Al mahdi sebagaimana yang dikatakan Al hafizh ibnu hajar, ”dan barangkali ini menggambarkan penyebabnya kenapa imam bukhori memasukkan hadits ini dalam kitabnya pada bab khurujun naar (keluarnya api). ”

2. timbulnya bintang berekor
Al barzanji mengatakan kalau diantara ciri yang amat dekat sekali dengan kemunculan Al mahdi merupakan terbitnya bintang berekor yang bercahaya.

dalam suatu riwayat yang shahih—sebagaimana yang disebutkan oleh ibnu katsir dalam tafsirnya dari ibnu abbas—bahwa ibnu jarir meriwayatkan dari abdullah bin abu malikah dimana dia mengatakan, ”pada sesuatu pagi aku berangkat kepada ibnu abbas. kemudian dia mengatakan, ’semalam saya tidak dapat tidur hingga pagi. ’ saya bertanya, ’apakah sebabnya? ’

dia menanggapi, ’karena orang – orang mengatakan kalau bintang berekor telah terbit karenanya saya terasa takut hendak kehadiran asap yang sudah mengetuk pintu, sampai saya tidak mampu tidur hingga pagi. ” (usia umat islam perihal 269 – 271)

tempat kemunculannya
pada dasarnya tidak terdapat riwayat shahih yang secara tegas menampilkan tentang kapan dan juga dimana Al mahdi hendak timbul. terdapat 3 komentar tentang tempat kemunculannya:

al – mahdi hendak keluar dari arah timur sebagaimana diterangkan oleh ibnu katsir dalam kitabnya yang bertajuk “al fitan wa Al malahim”.
al – mahdi hendak keluar dari arah barat ataupun maghrib, ini komentar imam Al qurthubi.
al – mahdi berasal dari penduduk madinah yang setelah itu melarikan diri ke mekah. hendak namun didalam sanad hadits yang mencerahkan perihal ini ada perawi yang dikatakan memiliki cacat. (usia umat islam perihal 71 – 72)

pembaiatannya
ada juga tentang pembaiatannya hingga telah diterangkan oleh bermacam hadits baik yang secara impilisit ataupun eksplisit menampilkan perihal itu, antara lain merupakan :

1. sabda rasulullah saw, ”seorang pria hendak tiba ke baitullah (ka’bah) hingga diutuslah seseorang utusan (oleh penguasa) buat mengejarnya. dan juga kala mereka telah hingga di sesuatu padang pasir hingga mereka terbenam dimakan bumi. ” (hr. muslim) –al qurthubi didalam kitab “at tadzkiroh” berkata kalau isyarat kemunculannya (Al mahdi) merupakan tentara yang dibenamkan itu merupakan tentara yang keluar mengarah mekah buat memerangi Al mahdi. ”

2. sabda rasulullah saw, ”akan dibaiat seseorang pria antara maqam ibrahim dengan sudut kab’bah. ” (hr. ahmad)

setelah itu bila kamu memohon data tentang sudah datangnya imam mahdi dan juga telah dibaiat hingga cuma allah aja yang mengetahuinya. kemunculan imam mahdi merupakan pembatas antara isyarat kecil dan juga isyarat besar dari kiamat.

pada lazimnya isyarat kecil itu sudah terjalin; serupa diutusnya nabi muhammad saw, terbelahnya bulan, orang – orang bodoh jadi pemimpin, menyia – nyiakan amanat, penghalalan dan juga pelegalisasian zina, penghalalan sutera dan juga minuman keras dan juga yang lain.

sedangkan isyarat besar sampai hari ini belumlah terlihat—wallahu a’lam—seperti : kemunculan dajjal, turunnya nabi isa as, keluarnya ya’juj dan juga ma’juj, terbitnya matahari dari tempat terbenam, keluarnya fauna bumi dan juga yang lain.

disebabkan kemunculan Al mahdi merupakan antara isyarat kecil dan juga besar itu hingga semenjak era raja – raja islam banyak orang yang membagikan istilah Al mahdi kepada orang – orang tertentu diantara mereka karna tiap mereka menyangka kalau akhir era merupakan era mereka.

Al mahdi yang ditunggu , kita belum dapat membenarkan kehadirannya saat sebelum dibuktikan oleh identitas ataupun isyarat tentang kemunculannya sebagaimana diterangkan oleh hadits – hadits yang telah disebutkan diatas.

walahu a’lam

( sumber: islamkafah. com )